Minggu, 07 November 2010

PERAN SERTA PEMUDA DALAM PEMBANGUNAN NASIONAL DI BIDANG KEWIRAUSAHAAN KEBAHARIAN


Laporan ; hidayat / iroh

Forum komunikasi lintas generasi kebaharian dalam upaya keserasiaan kebijakan pemuda ,inisiatif untuk mencetak ribuan sarjana wirausaha perlu di hargai ,jujur harus di akui pengangguran fenomena sarjana makin membludak , bahkan untuk sarjana yang relative potensial yang terserap dilapangan kerjapun sampai tahun 2008 lalu 70 persen dari 6000 sarjana pertanian lulusan 58 perguruan tinggi di Indonesia menganggur , tidak imbangnya jumlah pelamar kerja dan lowongan kerja menunjukan kecilnya jiwa kewirausahaan.

Kementrian kelautan dan perikanan ,pada 2010 mengalokasikan anggaran Rp,200 M guna memberikan setimulus pada masyarakat ,khususnya lulusan perguruan tinggi ( sarjana) yang menganggur untuk menjadi wirausaha bahari ( perikanan ) , paket – paket usaha kecil ini akan di gelontorkan ke daerah – daerah dengan berbagai pilihan . Ada 16.820 paket untuk pembudidaya pemula berupa sarana produksi ,seperti benih , pakan , dan terpal.

Nilai paket bervariasi , di antaranya paket budidaya Nila Rp 15 juta , rumput laut 6 juta , patin 15 juta syarat untuk mendapat paket ini juga gampang , berdomisili dilokasi sasaran , pendidikan Sarjana , tergabung dalam kelompok pembudidaya ikan dan memiliki komitmen untuk memanfaatkan modal pengembangan usaha , ini adalah suatu tantangan untuk menjadi pengusaha ikan.

Luas wilayah Provinsi Banten misalnya yang terlahir melalui Undang – Undang no 23 tahun 2000 tgl 17 – oktober 2000 , adalah 8.800,83 km dan garis pantai 501 km, memiliki lahan yang baru dimanfaatkan untuk kegiatan perikanan budidaya sebesar 33.756,76 ha dari luas area 153.412,560 ha ( 22 ,00 % ) , di dukung dengan sarana dua buah pelabuhan perikanan karangantu di Serang dan Binuangen di Lebak .

Demikian kegiatan bahari yang berlangsung di htl Mahadria pada 1- November – 2010 ,oleh kementrian pemuda dan olah raga deputi bidang pemberdayaan pemuda Asisten deputi kementrian kebijakan pemuda ,bersama Kabid kepemudaan Dispora Provinsi banten H Mukmin , dan narasumber H. Embay mulyasari sebagai contoh pengusaha sukses di Banten untuk memberikan support kepada para peserta yang mengikuti acara saat itu demikian laporan media Online BM post.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer 2013