Selasa, 20 September 2016

Ribuan Lulusan SMK Ikuti Job Matching Kemendikbud 2016

Laporan: DYT / NOVITA



TANGERANG BMPOS,ONLINE– Pada 07 September 2016 Lalu, ribuan alumni SMK sederajat meyerbu Jpb Matching SMK di Kota Tangerang, Banten. Para lulusan SMK sederajat itu, khususnya yang baru lulus, memperbutkan 1.138 lowongan kerja yang dilaksanakan oleh Direktorat SMK pada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
Ketua Panitia Job Matching 2016, Ema Sukma mengatakan, program pemerintah pusat ini di gelar di seluruh daerah di Indonesia. Setidaknya ada 24 SMK yang ditunjuk sebagai penyelenggara. Untuk wilayah Tangerang Raya, yang dipilih menyelenggarakan program ini adalah SMK Negeri 3 Kota Tangerang, “Kami bekerja sama dengan 40 perusahaan yang ada MoU dengan SMK di Tangerang. Untuk SMKN 3 Kota Tangerang, perusahaan yang kita ajak berpartisipasi kebanyakan dari bidang Perhotelan yang sudah bertaraf Internasional, seperti Novotel Hotel, Internkontinental dan lain-lain,” kata Ema yang juga Humas SMKN 3 Kota Tangerang, saat ditemui di Kota Tangerang pada Rabu 07 September 2016 kemarin.
Ema menyebutkan, dari 1138 lowongan yang tersedia, 200 diantaranya merupakan lowonga kerja luar negeri. Lowongan yang paling banyak dibutuhkan adalah bidang teknik, “Lowongan ini sesuai aturan menyediakan 80 persen untuk lulusan SMK terutama yang fresh graduate yang berusia 18-22 tahun, dan 20 persen untuk umum,” ujarnya.
Menurut Ema, kegiatan ini selain untuk memfasilitasi para lulusan SMK untuk mendapat pekerjaan, juga untuk memasarkan tamatan SMK di Kota Tangerang, “Memang lulusan SMK dipersiapkan untuk kerja, jadi kita bantu agar perusahan mendapatkan SDM yang dicari,” tegasnya.  ( ADV )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer 2013