Selasa, 17 Mei 2016

DPRD Banten Diminta Dorong Pembentukan Desa Tangguh Bencana

Laporan dyt


BMPOS.ONLINE, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), berharap DPRD Provinsi Banten mendorong pembentukan 500 desa tangguh bencana dan satuan tugas (satgas) di 141 kecamatan di Banten dalam 5 tahun ke depan.
Hal tersebut dinilai penting. Alasannya, pembangunan daerah yang gencar tak sebanding dengan perlindungan bencana. Padahal seluruh wilayah di Banten termasuk daerah rawan bencana.

Total desa yang ada di seluruh provinsi Banten 1.351 desa. Kami targetkan awal 500 desa tangguh bencana dalam waktu lima tahun dan 141 satgas kecamatan ini adalah yang terpapar bencana," kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten, Sumawijaya usai melantik desa tangguh bencana di kawasan pantai Carita, di Kabupaten Pandeglang, Kamis (21/4/2016).

Sementara, kata Sumawijaya hingga saat ini masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana di Banten belum sepenuhnya memiliki pengetahuan kebencanaan. Menurutnya, pembangunan daerah akan sia-sia jika wilayahnya tidak dilindungi atau dicegah dari bencana.

"Banjir misalnya. Bisa-bisa habis semua pembangunan yang sudah menghabiskan anggaran, waktu dan tenaga," ujarnya.

Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Mitigasi, Bidang Pencegahan, BPBD Provinsi Banten, Uus Kuswoyo menjelaskan, pentingnya dorongan dari DPRD sendiri berhubungan dengan kuota pembentukan satgas kecamatan dan desa yang dibentuk tiap tahunnya.

"Kuota desa dan kecamatan yang bisa dibentuk tergolong sedikit, berkisar belasan saja. Maka dari itu, untuk mencapai angka 500 dan 141 perlu dukungan DPRD," kata Uus.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer 2013