Senin, 11 April 2011

SOSISLISASI DAN PELATIHAN PELAYANAN SYSTEM ONLINE ( SISKOTKLN ) DI HOTEL LEDIAN SERANG


Laporan ; Hidayat/Iroh

Upaya mengembangkan sistem pendataan maupun pelayanan TKI yang terintegrasi ke dalam jaringan komputer (online) melibatkan pemerintah daerah trus di galakan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).Melalui "Sosialiasasi dan Pelatihan System Online TKI" pada 12-13 April 2011 di Hotel Ledian Serang bekerjasama Pemerintah Provinsi Banten.
Acara ini di buka oleh Kepala BNP2TKI Pusat Moch.Jumhur Hidayat,turut Hadir Sekda Prov.Banten H.Muhadi, Kadis Disnaker Prov.Banten H.E.Suarta SH. dan Peserta Disnaker Kab./Kota Se-Provinsi Banten, Anggota DPRD Prov.Banten,perwakilan LSM yang peduli TKI Banten.
Usai membuka acara di temui kepala BNP2TKI Pusat Jumhur mengatakan" kegiatan Online yang dibangun BNP2TKI dalam pelayanan TKI di Banten,bisa langsung diwujudkan setelah di selenggarakanya sosialisasi dan pelatihan, pada kantor Disnaker Kab./Kota se-Prov.Banten. ini untuk meningkatkan kualitas penempatan perlindungan TKI asal Banten yang bermartabat, di dalam dan luar negri.
Pendataan pelayanan proses Dokumen calon TKI yg berangkat keluar negri dari masing-masing daerah asal TKI, sehingga membuat data keberadaan TKI di ketahui Disnaker Kab/Kota dan pemerintah setempat, karena terekam secara valid,sah,dan dapat di pertanggung jawabkan.Melalui system online ini di harapkan tidak ada lagi TKI yang tidak di ketahui Pemda, semuanya terdata dan tidak di manipulasi siapapun dan dapat di kontrol secara transparan oleh BNP2TKI di masing2 kantor Disnaker," jelasnya.
Dilanjutkan" sistem Online BNP2TKI Disnaker Kab/kota, juga dapat memutus matarantai percaloan yang merugikan calon TKI / keluarganya, dan menghindarkan TKI dari resiko tindak perdagangan orang ( human Trafficking ) akibat data dan dokumenya tidak sesuai prosedur perundang-undangan. Sesuai data Pusat penelitian pengembangan Informasi ( Puslitfo ) BNP2TKI,TKI ASAL Banten diluar negri pada 2010 32.651 orang, yang tersebar di beberapa negara Asia Fasifik dan Timur Tengah,,,,jelas Jumhur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer 2013