Rabu, 03 Agustus 2016

APDI MINTA KEMENTAN PASTIKAN KESEHATAN DAGING QURBAN 2016

Laporan: DYT / Novita


BMPOST.ONLINE Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) meminta ini Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan kesehatan seluruh kambing yang siap dikurbankan saat perayaan Hari Raya Idul Adha 2016.
Ketua APDI Asnawi mengatakan, sejak dari sekarang Kementan harus mulai pemeriksaan kesehatan kambing siap kurban. Dengan waktu yang tidak lama lagi, proses pemeriksaan kesehatan haruslah berjalan baik.
"Kesehatan kambing itu kewajiban Kementan. Mereka harus segera undang Kepala Dinas Kabupaten/Kota, agar bekerja sesuai tupoksinya menjamin kesehatan kambing yang ada di daerahnya. Mereka harus bisa memastikan kambing itu sehat dari karantina, kemudian distribusi dan di lokasi penjualan," ujar Asnawi.
Asnawi menambahkan, Kementan harus mulai mengoordinir tiap-tiap dinas peternakan hewan melakukan sosialisasi kesehatan hewan kurban. Bila di temukan hewan kurban tidak sehat, sebaiknya segera beri tanda supaya hewan tersebut tidak dikurbankan.” Jelas nya singkat
"Kami juga mengimbau, Kepala Dinas atau siapa pun melakukan pemeriksaan ulang dengan mengontrol surat+surat pada lapak-lapak penjualan kambing. Cek surat pengantar peternakannya, lihat hewannya apakah layak atau tidak. Kalau tidak, ya larang jangan sampai dijual," tegasnya.
 Distanak provinsi banten dalam menghadapi hari raya idhul adha dan qurban daging sapi, kerbau, kambing khususnya, akan berupaya se minimal mungkin untuk meninjau langsung hewan yg akan di qurbankan agar daging terjamin kesehatanya. ( ADV )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer 2013